Sunday, January 11, 2009

JAKA TINGKIR - SEJARAH DALAM KEMASAN LAGA



Harian Seputar Indonesia, Jumat 11 november 2005
Oleh: Juni Triyanto



Tak mudah mengangkat kisah legenda sejarah ke layar kaca dan menjadikannya tayangan yang ditunggu-tunggu oleh pemirsa. Tapi sinetron yang diangkat dari legenda Tanah Jawa ini sukses meraup penggemar.

Cerita yang dituangkan dalam sinetron memang murni fiksi. Setiap episodenya merupakan cerita imajinasi. Namun esensi ceritanya tetap tidak lepas dari kisah sejarah aslinya. “Cerita Jaka tingkir sendiri merupakan sejarah, bukan dongeng. Tapi memang dalam sinetron ini kisah perjalanan yang digambarkan merupakan fiksi. Namun tidak akan menga burkan sejarah aslinya,” tutur Joko Supriyono, penulis naskah cerita ini.

Beberapa bagian cerita, serta tokoh-tokoh pendamping yang memang merupakan bagian sentral dari sejarah, diungkapkan sebagaimana mestinya. Sehingga nilai sejarahpun tidak menjadi bias. Misalnya seperti cerita dimana Jaka Tingkir mengabdikan diri kepada kerajaan Demak. Sementara bagian fiksi, ditambahkan sebagai daya tarik bagi para pemirsa untuk mengikuti alur ceritanya.

“Rangkaian perjalanannya memang panjang, namun pada akhirnya nanti akan kembali lagi kepada cerita sejarah yang berlaku,” ujar Joko lagi. Secara garis besar sinetron ini memang lebih banyak menyuguhkan kisah-kisah kepahlawanan Jaka Tingkir saat mengalahkan musuh-musuhnya yang jahat. Kisah demi kisah kepahlawanan Jaka Tingkir inilah yang sebagian besar merupakan bagian fiksi dalam sinetron ini. Seolah sebagai pengantar dan perjalanan hidupnya yang sesungguhnya sesuai dengan bagian sejarahnya, yaitu sebagai prajurit Demak.

Kebaikan vs Kejahatan
Bila menyimak kisah sesungguhnya, Jaka tingkir memang mempunyai kepribadian serta sikap yang tak jauh berbeda dengan yang dituturkan melalui sinetron. Kisah boy wonder dari desa Tingkir yang memerintah wilayah Demak sampai memindahkan Demak ke Pajang. Tak salah bila setiap episodenya selalu memberikan cerita yang mengetengahkan sosok jagoan Jaka Tingkir.

“Seperti umumnya sinetron laga, kebaikan akan mengalahkan kejahatan. Sisi kepahlawanan dari sang jagoan ini memang selalu ditonjolkan. Makanya selain cerita, adegan perkelahian serta efek-efeknya sangat dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan sinetron ini,” ungkap joko lagi.

Joko pun menambahkan, kalau di setiap episode memang selalu dituntaskan. Dalam artian Jaka Tingkir akan menghadapi suatu konflik, dimana ia akan berhadapan dengan musuh baru. “Ini kan merupakan serial, jadi setiap ceritanya itu selesai. Setiap episode selalu ada tokoh baru yang kita munculkan. Begitu pula dengan musuh-musuh yang dihadapi oleh Jaka Tingkir,” cerita Joko.

Namun dari semua musuh yang ada, ada musuh sejati yang selalu berusaha menaklukan Jaka Tingkir. Dialah Aryabajageni yang mengaku sebagai jelmaan Syekh Siti Jenar, walaupun ia sebenarnya hanya muridnya saja. Aryabajageni adalah keturunan bangsawan Majapahit yang mulai runtuh. Cita-citanya adalah mengkhancurkan Kerajaan Demak dan membangun kembali Majapahit baru. Tidak hanya itu, ia selalu menebarkan rasa dendam dan kebencian di antara para wali, terutama Sunan Kudus. Itulah yang sebenarnya yang menjadi musuh sejati Jaka Tingkir yang memang berusaha mempertahankan Kerajaan Demak serta menegakkan tonggak agama islam, sesuai ajaran yang diterima dari sang guru, Sunan Kalijaga.

Pertemuan Jaka Tingkir serta Aryabajageni menjadi suatu laga yang seru yang dinanti. Selalu ada cara serta trik baru yang dilakukan oleh Aryabajageni untuk menghancurkan Jaka Tingkir. “Aryabajageni akan muncul secara berkala, tidak setiap episode,” kata Joko.

Selain dari musuh yang selalu berganti, kelebihan lainnya dari sinetron laga ini adalah kemunculan monster yang mempunyai kekuatan luar biasa. Kalau dalam kisah sesungguhnya tentu saja monster-monter itu tidak pernah ada. “Ini memang menjadi salah satu daya tarik yang kita berikan. Karena selain laga, penciptaan monster dengan efek-efek yang khusus tentunya memberikan daya tarik tersendiri,”jelas Joko lagi.***

10 comments:

nono said...

siiip...huebat nih mas joko..gitu donk..ditunggu yach jaka tingkir versi baru nya...

I_sack said...

jaka tingkir..tinggal kenangan manissss
maju terus pak.. ditunggu cerita0cerita barunya

I_sax said...

Succes....!!!

moel_vilper said...

klo menghayal masuk kelaut...
menghayal dunia akhirat...
wkwkkwkwkkw

Anonymous said...

kenapa sih! baju nya ga dibuka sekalian sih kan mas jaka kan ganteng dan macho !

bloge kita said...

wah wah wah.......
jadi pengen nonton lgi neh.........
kangen cy.........
klo kapan-kapan di puter lagi..wajib nonoton ahhhh........
tpi harapannya sih...maunya diputer lagi get0h.......... boleh kan??????? he3x.......

Anonymous said...

saya dari malaysia, tapi ntah kenapa saya terlalu minat menonton cerita jaka tingkir. pada mulanya saya fikir semua ini rekaan pengarah filem, tapi ternyata anggapan saya saya salah, kerana kisah ini adalah suatu kisah benar. kepada pengarah filem ini, teruskan lah perjuangan murni anda.

redhozer said...

Ayo pak bikin lagi jaka tingkir yang baru saya siap ngarapnya lagi saya tunggu apa lagi action directornya Ache(dari cina) saya siap jadi cameramanya lagi,d poles sedikit gaya fihtingnya biar top lagi kayak dulu,Btw Jangan Pake Dian sidik lagi banyak tingkahnya hehehehee,sukses pak!!!From Ridho

Healthy Sex said...

bener tuh ane sendiri juga suka, tapi sekarang sayang dah abis, makanya tuk ngingetin ane baca2 posting ttg jaka tingkit, makasih ya atas critanya

muslimin said...

assalamualaikum,, mas, ada naskah asli jaka tingkir? kalau ada tlog di poskan supaya pemuda jawa benar-benar paham sejarah pada budayanya sendiri.