Sunday, January 11, 2009

TEORI PENULISAN SKENARIO 4

STRUKTUR DRAMATIK SKENARIO

Dalam bukunya The Screenwriters Hand Book, Syd Field menulis bahwa yang terpenting dari scenario adalah strukturnya atau bangunannya. Ini adalah kekuatan yang mengikat semuanya jadi satu. Semacam kerangka. Tanpa struktur, anda tak punya cerita. Tanpa cerita anda tak punya scenario. Struktur adalah hubungan antara bagian-bagia dengen keseluruhan.

Struktur dramatik adalah penataan bagian-bagian secara logis dan estetis untuk menghasilkan dampak emosional intelektual dan dramatik yang maksimum. Kepandaian bercerita, untuk semua penulisan naskah fiksi, selalu tergantung kepada struktur dramatik yang kuat. Dari sebuah struktur yang kuat, bangunannya bisa dijamin kuat juga, sebuah cerita akan menjadi kuat juga.

Cerita yang baik selalu tergantung dengan struktur dramatik yang kuat, karena cerita yang memiliki struktur adalah cerita yang mempunyai maksud yang luas sebagai dasar, atau dipersatukan sekitar sebuah tema sentral. Maka peristiwa-peristiwa yang terjadi. Harus dipilih dengan seksama dan ditata dalam hubungannya dengan tema tersebut. Peristiwa-peristiwa tersebut terjadi secara logis dan wajar dan terdapat suatu hubungan sebab akibat yang kuat.

No comments: