Tuesday, January 6, 2009

JUDUL


Mengapa judul begitu penting dibahas? Karena judul adalah petunjuk. Tanpa petunjuk kita bisa menjadi orang yang tersesat. Judul juga sebuah trade mark, sebuah merk dagang. Orang akan kembali datang tanpa tersesat kalau petunjuknya jelas dan mudah diingat. Judul film haruslah sama diperlakukan seperti itu. Dalam banyak hal, daya tarik sebuah film adalah sebuah judul. Judul adalah sebuah brand yang akan mengikat penonton supaya menonton. Judul akan memiliki arti tersendiri bagi penonton sebelum menonton film tersebut. Terlepas puitis atau tidak puitis, panjang atau pendek judul tersebut, sebuah judul menjadi penting karena ia bagian paling pertama dari sebuah film. Judul termasuk bagian integral dari keseluruhan sebuah cerita. Walapun setelah menonton, kadang arti tersebut menjadi lain. Bisa menjadi lebih dalam atau dangkal dan biasa-biasa saja, atau bahkan tidak terkesan sama sekali.

Judul dibuat dengan berbagai macam latar belakang tujuan. Sebuah judul bisa dibuat untuk menunjukkan suatu ironi yaitu mengutarakan hal yang mempunyai arti kebalikan dari yang hendak diungkapkan sesunguhnya. Misalnya KIAMAT SUDAH DEKAT. Judul juga bisa mengungkapkan kejadian yang factual pada jamannya (jadi tidak melulu factual adalah kejadian saat ini, saat membaca tulisan ini). Atau dari sebuah kisah nyata misalnya TRAGEDI BINTARO atau DUKUN AS. Judul juga bisa merupakan ungkapan religiusitas, contohnya AYAT-AYAT CINTA, SYAHADAT CINTA. Judul yang paling mudah barangkali adalah judul suatu tokoh, baik tokoh nyata atau tokoh legenda dan tokoh yang benar-benar imajiner. Penonton otomatis akan mengerti dan tidak perlu bertanya dua kali.

Beberapa judul bisa juga dimaksudkan untuk mengarahkan penonton pada sebuah adegan atau peristiwa kunci dalam sebuah film -yang bisa untuk dikaji dengan serius atau sekedar kenapa judulnya ini dan bukan itu. Judul juga bisa mengungkapkan tema filmnya. Sebuah judul juga bisa membuat sebuah perenungan. Jadi menentukan sebuah judul film sesungguhnya adalah pekerjaan penting, sama pentingnya merumuskan ide pokok cerita film dan menuliskan skenarionya.

No comments: